Saat Ini 23,24 Persen Desa di Indonesia Masuk Kategori Tertinggal dan Sangat Tertinggal

Jumat, 24 Juni 2022 14:15 WIB

Share
Saat Ini 23,24 Persen Desa di Indonesia Masuk Kategori Tertinggal dan Sangat Tertinggal
Ilustrasi pedesaan (Foto : Int)

JAKARTA, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) mengakui masih banyak desa di Indonesia masuk dalam kategori tertinggal dan sangat tertinggal berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM). 

"Berdasarkan data yang diterima, saat ini sebanyak 23.24 persen desa di Indonesia masuk dalam kategori tertinggal dan sangat tertinggal berdasarkan data IDM," terang Wapres.

Itu disampaikan Wapres dalam sambutannya pada acara Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pembangunan Desa Berkelanjutan Award 2022 di Jakarta, Kamis (23/06/2022).

 

Hadir dalam acara itu, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, dan lainnya.

Wapres pun berpesan kepada jajaran Kementerian Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) untuk terus memantau implementasi program-program yang telah dicanangkan sehingga hasilnha dapat terukur dan seluruh desa di Indonesia dapat merasakan manfaatnya. 

Wapres menargetkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk menghapus seluruh desa tertinggal dan sangat tertinggal pada 2024 mendatang. 

 

Wapres menegaskan pembangunan desa merupakan pusat pertaruhan pembangunan Indonesia di masa depan. Jika desa kuat dan mandiri, maka mimpi Indonesia maju akan makin mudah diwujudkan.

Lebih lanjut, Wapres menuturkan bahwa saat ini desa juga menjadi titik awal pengungkit pemulihan ekonomi masyarakat, sehingga pemerintah pun mendorong ekonomi desa untuk terus bergerak. Salah satunya, melalui program pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) supaya desa makin sejahtera.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar