Pantau RPH, Bupati Maros Pastikan Semua Sapi Sehat dan Siap Dikurbankan

Sabtu, 25 Juni 2022 14:05 WIB

Share
Pantau RPH, Bupati Maros Pastikan Semua Sapi Sehat dan Siap Dikurbankan
Bupati Maros Chaidir Syam saat memberikan keterangan kepada awak media usai memantau RPH

MAROS, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Menjelang Idul Adha, Bupati Maros Chaidir Syam meninjau Rumah Potong Hewan (RPH) di Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Jumat(24/6/2022) kemarin.

Peninjauan tersebut dilakukan guna mengantisipasi masuknya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang ada di Maros.

“Kondisi sapi yang siap untuk dikurbankan alhamdulillah sehat semua, dan yang mengarah di PMK belum ada di Maros,” Bupati Chaidir..

 

Dikatakan Chaidir sebelum dilakukan pemotongan, terlebih dahulu diperiksa kesehatan fisik hewan yang akan dipotong.

“Kita bersama Puskeswan Maros dan juga Dinas Pertanian agar mengawasi masuknya hewan ternak khususnya dari beberap daerah yang saat ini sudah ada indikasi temuan penyakit mulut dan kuku,” jelasnya.

Selain mengunjungi RPH pria 45 tahun itu juga mengunjungi lokasi sapi milik warga di Desa Marumpa yang ditemukan mati mendadak.

 

“Masih proses pemeriksaan apakah kondisi sapi mengarak kepenyakit antraks atau kondisi lain, hasilnya mudah mudahan hari senin sudah keluar,” ucapnya.

Jika memang sapi tersebut terkena antraks, pihaknya akan melakukan isolasi dilokasi tersebut.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar