Bawaslu Maros Jamin Hak Pilih Penyandang Disabilitas

Rabu, 29 Juni 2022 18:30 WIB

Share
Bawaslu Maros Jamin Hak Pilih Penyandang Disabilitas
Bawaslu Maros gelar kegiatan koordinasi penguatan pemahaman pengawasan kepada disabilitas di Aula SLB Negeri 1 Maros

MAROS, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Bawaslu Kabupaten Maros menggelar kegiatan koordinasi penguatan pemahaman pengawasan kepada disabilitas di Aula SLB Negeri 1 Maros, Jalan Dr. Ratulangi No. 290, Allepolea, Kecamatan Lau, Maros, Rabu (29/6/2021).

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Maros, Sufirman mengatakan penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dalam pemilu. 

"Bawaslu  menjamin hak konstitusinya dan dijamin hak pilihnya dalam pelaksanaan pemilu. Bersama Bawaslu, penyandang disabilitas juga berperan dan berkontribusi dalam pemilu dan pilkada," sebut Sufirman.

 

Penyandang disabilitas sebagai salah satu kelompok rentang, lanjut dia, harus juga dipastikan hak konstitusionalnya dalam pemilu. 

"Setiap warga negara yang telah memenuhi syarat untuk memilih, tidak terkecuali adalah penyanding disabilitas sebagai salah satu kelompok rentang yang kurang mendapat perhatian, harus juga dipastikan hak konstitusionalnya dalam pemilu. Olehnya itu, bentuk perhatian Bawaslu Maros salah satunya adalah menlaksanakan kegiatan rapat kooridinasi bersama dengan penyandang disabilitas di Kabupaten Maros," tutup Alumnus Unhas ini. 

Senada, Gazali, Anggota Bawaslu Maros, selaku Koordinator Divisi Pengawasan, Hubal dan Humas menuturkan Bawaslu Maros secara total menjamin hak pilih dan hak akses bagi penyandang disabilitas. 

"Bawaslu Maros secara penuh mendoronf dan memastikan dalam pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam pemilu, utamanya pada TPS. Karena dari informasi dari komunitas disabilitas, potensi TPS tidak akses masih besar," pungkas Gazali. 

Diketahui, kegiatan ini dihadiri 25 peserta dari perwakilan organisasi disabilitas di kabupaten Maros. Selain itu juga dihadiri jajaran Bawaslu Maros dan ketua KPU kabupaten Maros, serta narasumber Anggota Bawaslu Sulsel Amrayadi  dan Ketua KPU Maros Samsu Risal.

Editor: Baharuddin Arifin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar