Rutinitas Shalat Berjamaah Yang Menjadi Budaya di SMA Islam Athirah 1 Makassar

Rabu, 20 Juli 2022 17:41 WIB

Share
Suasana Shalat Ashar Berjamaah di SMA Islam Athirah 1 Makassar
Suasana Shalat Ashar Berjamaah di SMA Islam Athirah 1 Makassar

MAKASSAR, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Salah satu keutamaan bagi umat muslim ialah shalat secara berjamaah. Bahkan hal ini menjadi sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Salah satu sekolah di Makassar yaitu SMA Islam Athirah 1 Makassar juga telah menerapkan kebiasaan tersebut. Kegiatan shalat berjamaah sudah menjadi rutinitas bagi para guru dan siswa.

Menurut Wakasek di bidang Kesiswaan dan Keagamaan, Muhammad Mahrus.Lc.,M.P.d.I mengatakan bahwa shalat adalah hal yang utama dalam pembentukan karakter.

“Sholat adalah kewajiban yang harus dilaksanakan. Dan karena kewajiban, maka SMA Islam Athirah 1 Makassar melatih dan membiasakan shalat secara berjamaah. Hal ini untuk pembentukan karakter”, terangnya saat dijumpai di lantai 8 gedung menara Athirah, Rabu (20/7).

Selain itu terdapat adab-adab yang dilakukan di sekolah ini, seperti tata wudhu yang baik, melangkah masuk ke Masjid dengan kaki kanan terlebih dahulu, hingga shalat Tahiyatul Masjid dan Qabliyah sebelum shalat berjamaah dilaksanakan.

“Kegiatan sholat dhuhur itu kami beri 2 sesi, siswa SMA terlebih dahulu lalu kemudian SMP. Hal ini dilakukan agar jamaah teratur. Selanjutnya kami memperhatikan betul tata cara siswa melakukan wudhu, cara masuk ke masjid, dan hal yang dilakukan setelah sholat berjamaah”, lanjut beliau.

 

 

Muhammad Mahrus.Lc.,M.P.d.I (Wakasek Bidang Kesiswaan dan Keagamaan SMA Athirah 1 Makassar)

Selain shalat berjamaah, ada juga beberapa kegiatan keagamaan lainnya yang dilaksanakan di SMA Islam Athirah 1 Makassar. 

Halaman
Reporter: Ansharil
Editor: Ansharil
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler