Puing Roket China Jatuh Dari Langit Lampung Bak Meteor

Senin, 1 Agustus 2022 11:58 WIB

Share
Puing Roket China Jatuh Dari Langit Lampung Bak Meteor
Roket milik China Long March 5B CZ-5B yang terbakar di atas Samudera Hindia, Sabtu 30 Juli 2022.

LAMPUNG, SULSEL.POSKOTA.CO.IDPuing-puing roket milik China yakni Long March 5B CZ-5B (Chang Zeng/Long March 5B) menyala terang saat jatuh ke Samudera Hindia dan terlihat dari Provinsi Lampung, Sabtu 30 Juli 2022.

Warga awalnya mengira benda terang yang meluncur dari langit itu adalah meteor.

Namun kemudian Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) pada Senin 1 Agustus 2022 ini mengeluarkan pernyataan jika benda terang di langit yang meluncur jatuh beberapa hari lalu itu adalah serpihan roket China yang terbakar saat menyentuh atmosfer.

OAIL lewat akun resmi Instagramnya @oail.itera, pada Senin 1 Agustus 2022 menginformasikan bahwa setelah beberapa hari terlantar di orbit Bumi rendah, salah satu bagian roket ini mulai terbakar di Samudera Hindia.

 

OAIL juga menerangkan jika roket kelas berat China itu diluncurkan dari Wenchang Space Launch Site untuk mengirimkan modul laboratorium Wentian ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Tiongkok, 24 Juli 2022 lalu.

Roket CZ-5B seberat 23 ton, menurut OAIL, merupakan bagian pendorong tahap satu.

Di mana benda itu jatuh dan terbakar saat menembus atmosfer Bumi dengan kecepatan yang sangat tinggi, dari keterangan US Space Command, roket itu mulai terbakar di atas Samudra Hindia sekitar pukul 16.45 atau 11:45 WIB

Puing-puing roket CZ-5B yang terbakar, menurut OAIL, menerangi langit Sumatera pada Sabtu 30 Juli 2022 sekitar pukul 23.48 WIB, yang terdeteksi oleh All-Sky Camera OZT-ALTS di arah utara.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar