Mobil Damkar Ditahan Polisi, Personel Damkar Polman Lancarkan Protes
Selasa, 2 Agustus 2022 07:24 WIB
Share
Mobil Damkar terparkir di halaman Kantor Bupati Polman Sulbar, Senin 1 Agustus 2022.

POLMAN, SULSEL.POSKOTA.CO.ID – Buntut penahanan satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) oleh Satuan Lalulintas Polres Polman, personel Damkar Polman Sulawesi Barat melancarkan protes.

Mereka mengembalikan mobil Damkar yang ada ke Pemkab Polewali Mandar pada Senin 1 Agustus 2022, karena tak seorang pun personel Damkar yang memiliki Sertifikat Mengemudi Kendaraan Prioritas.

Pasalnya dua rekan mereka diperiksa dan diproses hukum oleh Kepolisian terkait Surat Izin Mengemudi dan Sertifikat Mengemudi Kendaraan Prioritas atau keahlian mengemudi.

Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar mengaku kaget saat mendengar jika salah satu mobil Damkar milik Pemda Polman ditahan oleh Kepolisian lantaran menyerempet sebuah mobil milik warga saat bertugas.

 

"Tadi laporannya sudah satu bulan lebih ditahan dan ini sekarang mereka kasih kembali semua mobil Damkar karena katanya mereka mau mengurus dulu sertifikat mengemudi. Jadi saya bingung ini mau cari sopir di mana kalau kebakaran," kata Andi Ibrahim Masdar saat ditemui di Kantor Bupati Polman, Senin 1 Agustus 2022.

Ia menjelaskan jika pihaknya juga tidak bisa berbuat banyak jika terjadi kebakaran lantaran seluruh mobil Damkar telah dikembalikan ke Pemda, sementara tidak ada satu orang pun personel yang dapat mengemudi karena tidak memiliki sertifikat mengemudi.

"Saya juga bingung ini, kalau ini semua mobil dikembalikan ke kantor sementara ada kebakaran bagaimana saya mengambil langkah, karena itu sudah tugas kita sebagai pemerintah, di manapun ada kebakaran pasti kita padamkan, jangankan di Polman, di Majene saja kebakaran kita kesana untuk membantu memadamkan," ungkapnya.

"Sebenarnya kalau ada aturan baru bahwa harus ada Sertifikat Mengemudi Damkar, seharusnya disosialisasikan lebih jauh dan lebih cepat. Agar kita di Pemkab memgambil langkah-langkah bagaimana menyelamatkan mereka dalam mengemudi, karena kasian ini juga mereka bukan karena dia senang ngebut tapi karena sudah tugasnya," tambahnya.

 

Halaman
1 2