Integrasikan Kurikulum Merdeka dengan AIHES, SMA Islam Athirah 1 Makassar Adakan Sharing Session

Jumat, 12 Agustus 2022 20:22 WIB

Share
Integrasikan Kurikulum Merdeka dengan AIHES, SMA Islam Athirah 1 Makassar Adakan Sharing Session

MAKASSAR, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Sebagai salah satu sekolah penggerak angkatan pertama, SMA Islam Athirah 1 Makassar berupaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dengan terciptanya Pelajar Pancasila melalui Kurikulum Merdeka.

Dengan hal tersebut, SMA Islam Athirah 1 menggelar kegiatan Sharing Session pada Jumat (12/8) yang bertempat di ruang guru lantai 7, menara Athirah.

Kegiatan ini guna mendiskusikan integrasi antara kurikulum merdeka dengan kurikulum khas Athirah yakni AIHES (Athirah Integrated Holistic Education System).

AIHES merupakan model pendidikan yang punya ciri spesifik dan karakter Athirah.

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar mengatakan bahwa kurikulum AIHES ini memusatkan pada program Tarbiyah.

"Secara keseluruhan, kurikulum ini memusatkan pada program Tarbiyah dalam membentuk generasi yang berakhlak Qur'ani baik secara intelektual, emosional, jasmani dan ruhiyah yang mengedepankan pada pencapaian kesuksesan dunia dan juga keselamatan akhirat," jelas Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd.

Proses penerapan AIHES ini melibatkan lima proses Tarbiyah yang saling berhubungan yaitu Teaching and Learning, Coaching and Learning, Training and Learning, Advisory and Learning serta Consultacy and Learning.

Adapun capaian dari AIHES ini adalah terwujudnya QGDP (Qur'anik Generation Development Program) untuk membangun generasi Sekolah Islam Athirah yang unggul dari segi fisik, emosional, intelektual dan spiritual.

Kurikulum merdeka yang terintegrasi AIHES ini dipaparkan oleh Annas S.Pd., Nur Hikmah Aljuhaeni, S.Si.M.Sc., dan Ansharil Aufar S.Kom., yang telah lebih dulu mendapat pelatihan pada Workshop yang diadakan oleh management Athirah pada Sabtu (6/8) lalu.

 

Halaman
Reporter: Ansharil
Editor: Ansharil
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar