Jadi Narasumber Pada Seminar Nasional, Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Paparkan Nasionalisme Dalam Aspek Pendidikan

Senin, 15 Agustus 2022 14:47 WIB

Share
Jadi Narasumber Pada Seminar Nasional, Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Paparkan Nasionalisme Dalam Aspek Pendidikan
Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. memaparkan tentang bentuk nasionalisme di dunia pendidikan

MAKASSAR, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Mahasiswa Jurusan Bisnis Digital, Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla menggelar kegiatan Seminar Nasional di Auditorium Sekolah Islam Athirah 1 Makassar pada Senin (15/8).

Kegiatan yang mengusung tema 'Restorasi Nasionalisme dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara' ini mengundang beberapa narasumber yang diantaranya adalah Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar.

Tema tentang nasionalisme, menurut Isra selaku ketua panitia pelaksana seminar, dianggap sebagai isu penting saat ini, dimana para pemuda sudah kurang berjiwa nasionalisme.

Untuk itu melalui kesempatan dalam kegiatan ini, Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar bicara tentang membangun semangat nasionalisme di dunia pendidikan.

Menurutnya sistem pendidikan Indonesia saat ini sangat tepat kaitannya dengan restorasi nasionalisme.

"Ada tiga bentuk penguatan akar nasionalisme di dunia pendidikan yaitu ingat sejarah bangsa, kembangkan bakat dan kuatkan karakter," ucap Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd., Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar.

"Sekolah penggerak saat ini ada kurikulum merdeka dan sangat tepat untuk melihat restorasi nasionalisme. Karena bakat minat sangat dihargai. Siswa tidak lagi dibagi penjurusan tetapi pemilihan minat dan bakat pelajaran. Siswa merdeka dalam memilih mata pelajaran.," lanjutnya.

Tawakkal Kahar mengakui bahwa memang saat ini jiwa nasionalisme para pemuda terkikis oleh karakter yang buruk.

"Saat ini banyak para pemuda yang kurang nasionalismenya karena dalam dirinya memiliki karakter yang buruk. Untuk itu kita harus bangun kembali jiwa nasionalisme melalui tiga bentuk penguatan akar nasionalisme tadi," tutupnya

Diketahui peserta yang hadir dalam seminar ini didominasi oleh para siswa se-kota Makassar dengan harapan melalui para pelajar saat ini, semangat nasionalisme itu kembali tumbuh. Karena pemuda adalah penggerak perubahan.

Reporter: Ansharil
Editor: Ansharil
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar