Namanya Dicatut Dalam Sipol, Satu Keluarga di Maros Ajukan Keberatan ke Bawaslu

Senin, 29 Agustus 2022 08:55 WIB

Share
Satu keluarga di Maros ajukan keberatan karena namanya dicatut dalam sipol (Foto : Ilustrasi, ist)
Satu keluarga di Maros ajukan keberatan karena namanya dicatut dalam sipol (Foto : Ilustrasi, ist)

MAROS, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Satu keluarga di Kabupaten Maros ajukan keberatanan kepada Bawaslu karena namanya terdaftar dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sebagai anggota partai politik (parpol).

Ketua Bawaslu Kabupaten Maros mengatakan satu keluarga tersebut datang langsung ke Kantor Bawaslu ajukan keberatan usai mengetahui namanya dicatut dalam sipol.

"Jadi satu keluarga ini mengetahui namanya dicatut setelah salah seorang diantara mereka mengecek NIK-nya melalui laman infopemilu.kpu.go.id," ujar Sufirman, Sabtu (27/8/2022).

 

“Ada tiga orang yang melapor dan semuanya terdaftar dalam satu KK (kartu keluarga), mereka keberatan namanya ada dalam Sipol dan meminta namanya dikeluarkan dari Sipol,” tambahnya.

Berdasarkan aduan tersebut, Bawaslu meminta para pelapor yang diketahui dua diantaranya adalah ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Maros, untuk mengisi form pernyataan bahwa dirinya tidak menjadi anggota salah satu partai politik tertentu.

Lanjut ufirman menuturkan, sebelumnya satu keluarga ini mencoba mengisi form tanggapan yang disediakan oleh KPU di laman info pemilu. Namun untuk mengisi form tanggapan tersebut dianggap sulit dan rumit, sehingga ketiganya memutuskan untuk melaporkan hal terebut ke Bawaslu Kabupaten Maros.

 

“Mereka kesulitan mengisi form tanggapan karena harus dicetak dulu formnya lalu diunggah, sehingga kami membantu mereka untuk mengisi form, dan akan kami teruskan kepada pihak KPU untuk ditindaklanjuti," terangnya.

Terkait pencatutan nama ini, sebelumnya Bawaslu Maros juga menerima laporan 6 orang warga yang ajukan keberatan karena nama mereka dicatu parpol tertentu dan dimasukkan sebagai anggota dalam sipol Pemilu 2024.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler