BBM Naik Mendagri Tito Minta Pemda Bergerak Cepat Tanggulangi Inflasi

Selasa, 6 September 2022 10:40 WIB

Share
Tito Karnavian (Foto : Int)
Tito Karnavian (Foto : Int)

JAKARTA, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Pasca naiknya harga BBM, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Pemerintah Daerah (Pemda) bergerak cepat untuk menanggulangi inflasi.

"Kami akan menyampaikan persiapan tentang adanya inflasi pada pengurangan subsidi yang disebabkan kenaikan BBM," ujar Mendagri Tito dalam Rapat Koordinasi Pengadilan Inflasi Daerah, Senin (5/9/2022).

 

Lebih lanjut Tito menuturkan, terdapat poin penting yang bisa dilakukan Pemda dalam mengupayakan pengendalian inflasi.

Di antaranya, Pemda perlu menjadikan upaya pengendalian tersebut sebagai prioritas dan bersinergi dengan semua stakeholder. Kemudian, Pemda harus melakukan komunikasi publik yang efektif sehingga tidak membuat masyarakat panik. 

Selanjutnya, Pemda diminta untuk berkoordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) setingkat Provinsi, Kabupaten atau Kota. 

 

Dalam mengupayakan inflasi yang disebabkan kenaikan BBM bersubsidi, Mendagri meminta Pemda melakukan kerja sama dengan Sekretaris Daerah (Sekda). 

Tidak hanya itu, Pemda harus memastikan bahwa pemberian BBM subsidi tepat sasaran kepada masyarakat tidak mampu serta melakukan gerakan penghematan energi. 

Berharap pada APBN, APBD dan CSR

Halaman
Editor: Baharuddin Arifin
Contributor: Rindiani
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler