Kata Rossi Soal Balapan MotoGP Saat Ini, Kurang Aksi Salip Menyalip

Senin, 3 Oktober 2022 14:20 WIB

Share
Valentino Rossi menilai aksi salip menyalip di MotoGP saat ini sudah berkurang (Foto : Int)
Valentino Rossi menilai aksi salip menyalip di MotoGP saat ini sudah berkurang (Foto : Int)

MAKASSAR, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Sajian aksi salip menyalip di atas lintasan MotoGP saat ini dinilai mulai berkurang. Penyebabnya karena perangkat aerodinamika yang menyulitkan pebalap. Hal ini diungkapkan legenda balap MotoGP, Valentino Rossi.

Rossi menilai motor-motor MotoGP sekarang memang lebih kompetitif. Terbukti saat MotoGP 2022 menyisakan 3 race lagi, mahkota juara dunia musim ini masih terbuka lebar. Bahkan masih ada 8 rider yang bisa memperebutkannya.

 

Meski begitu, kata pebalap berjuluk The Doctor itu, motor-motor MotoGP sekarang lebih susah dipakai untuk menyalip. Padahal penonton menanti dihibur aksi manuver pebalap.

Salah satu penyebab MotoGP jarang menyajikan aksi salip menyalip lantaran kini banyak perangkat aerodinamika seperti winglet, spoiler, fairing, dan sebagainya. Seperti diketahui perangkat ini punya peran mengatur arah aliran udara yang menghantam motor saat melaju.

"Saya sangat menyukai MotoGP. Itu selalu ada di hatiku. Dan tentu saja, saya memiliki tim, empat pebalap di MotoGP, dan tentu saja saya selalu mengikuti mereka dan saya selalu berusaha membantu mereka," ujar Rossi dikutip dari Motosan.es, Senin (3/10/2022).

 

"Tapi ya, dengan aerodinamis itu membuat motor terlihat sedikit lebih seperti mobil, karena ketika Anda melihat dari dekat, Anda akan merasakan aerodinamisnya banyak. Dan pada motor di musim lalu ada banyak evolusi dalam sudut pandang ini dan tentu saja itu membuatnya lebih sulit untuk disalip," kata pembalap Italia itu.

Hal senada juga diungkapkan olah Albesiano Romano, Direktur Teknik Aprilia, perangkat aerodinamis memengaruhi pertunjukkan MotoGP. Namun dia meyakini ini merupakan langkah awal pengembangan perangkat aerodinamis.

"Saya tidak bisa mengatakan apakah aerodinamika mungkin memiliki efek negatif pada tontonan yaitu balapan, mungkin ya, di motor tanpa sayap dan paket aerodinamika tertentu mungkin lebih bisa mengikuti motor lain," ujar Romano dikutip Motosprint, Senin (3/10/2022).

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar