Pemerintah Bentuk TGIPF Usut Tragedi Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 10:46 WIB

Share
Menkopolhukam Mahfud MD menggelar jumpa pers terkait pembentukan TGIPF tragedi Kanjuruhan, Senin 3 Oktober 2022. (Foto: Antara)
Menkopolhukam Mahfud MD menggelar jumpa pers terkait pembentukan TGIPF tragedi Kanjuruhan, Senin 3 Oktober 2022. (Foto: Antara)

JAKARTA, SULSEL.POSKOTA.CO.ID – Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) dibentuk pemerintah utuk mengusut tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu 1 Oktober 2022.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD saat jumpa pers di Kantor Kemenkopolhukam Jakarta, Senin 3 Oktober 2022 pagi.

Tim itu dipimpin langsung Mahfud MD yang melibatkan anggota dari perwakilan kementrian terkait, organisasi profesi sepak bola, pengamat, akademisi, dan media massa.

“Untuk mengungkap kasus atau peristiwa Kanjuruhan yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022, pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta atau TGIPF,” kata Mahmud MD, Senin 3 Oktober 2022.

 

Anggota TGIPF bakal diumumkan dalam 24 jam ke depan dengan masa tugas sampai tiga minggu ke depan.

Namun sebelum TGIF mulai bekerja, Mahfud mengatakan pemerintah memberikan tugas atau mengambil langkah jangka pendek.

Di antaranya, memerintahkan Polri agar dalam beberapa hari ke depan segera mengungkap pelaku pidana yang menyebabkan terjadinya tragedi Kanjuruhan dan segera mengumumkannya kepada publik apabila telah memenuhi syarat untuk ditinda.

“Polri juga diminta melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan keamanan di daerah setempat,” ujarnya.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar