Tak Ada Jaminan Anies Melenggang Mulus ke Panggung Pilpres Meski Diusung Nasdem

Selasa, 4 Oktober 2022 08:10 WIB

Share
Nasdem usung Anies Baswedan sebagai Capres di Pemilu 2024 (Foto : Ist)
Nasdem usung Anies Baswedan sebagai Capres di Pemilu 2024 (Foto : Ist)

JAKARTA, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Anies Baswedan resmi diusung sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 oleh Partai Nesdem pada pemilu 2024 nanti.

Meski demikian, usungan itu tak bisa langsung membawa Anies ke panggung pilpres. Nasdem harus berkoalisi dengan partai lain agar mencapai ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold agar bisa mengusung calon presiden. 

"Deklarasi pencalonan presiden Anies Baswedan oleh Partai Nasdem tidak secara otomatis menjamin langkah Gubernur DKI tersebut melengggang mulus di pemilihan presiden 2024 mendatang," kata Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro dilansir Poskota Sulsel dari Kompas.

 

Ihwal presidential threshold diatur dalam Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pasal itu menyebutkan bahwa partai politik atau gabungan partai politik harus memenuhi ambang batas pencalonan presiden 20 persen dari jumlah kursi DPR atau 25 persen dari suara sah nasional pada pemilu sebelumnya. 

Sementara, Nasdem "hanya" memiliki 59 kursi DPR RI. Sedangkan perolehan suara partai besutan Surya Paloh itu pada Pemilu 2019 sebesar 12.661.792 atau 9,05 persen. 

"Bukan hal mudah menggenapkan dukungan tersebut," kata Bawono.

 

Memang, beberapa bulan terakhir Nasdem tampak mesra dengan Demokrat dan PKS. Namun, dinamika politik belakangan mengisyaratkan bahwa rencana koalisi ketiga partai berlangsung alot. Disinyalir, ini karena perbedaan pendapat soal bakal calon presiden dan wakil presiden yang hendak diusung ketiga partai. 

Bawono menduga, baik Nasdem, Demokrat, maupun PKS punya jagoan masing-masing untuk diusung sebagai capres maupun cawapres. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler