Edukasi Masyarakat Peduli Lingkungan, Sulbar Canangkan Gerakan Menanam 1,2 Juta Mangrove

Rabu, 30 November 2022 09:08 WIB

Share
Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik menanam mangrove di Pantai Landi Mamuju, Senin 28 November 2022.
Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik menanam mangrove di Pantai Landi Mamuju, Senin 28 November 2022.

MAMUJU, SULSEL.POSKOTA.CO.ID – Sulbar melakukan Pencanangan Gerakan Sulbar Menanam Mangrove, melibatkan berbagai unsur termasuk pelajar mahasiswa dan siswa, melakukan penanaman mangrove di Pantai Landi, Kelurahan Rangas Mamuju, Senin 28 November 2022.

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik mengatakan gerakan ini berangkat dari komunikasi bersama dengan berbagai pihak, karenanya berterima kasih kepada seluruh Forkopimda Sulbar yang terus bersama-sama pemprov Sulbar serta memberikan ide-ide dalam melakukan aksi nyata demi kemajuan Sulbar.

Disebutkan, masih banyak ditemukan titik terdampak abrasi di sepanjang 715 km garis pantai Sulbar. Karenanya melalui aksi menanam mangrove sengaja memilih salah satu lokasi yang terdampak abrasi yakni di Pantai Landi.

"Kami mengundang untuk melihat betapa daerah kita terancam. Untuk itu ayo kita mulai dengan kegiatan nyata," terang Akmal Malik.

 

PJ Gubernur menjelaskan, informasi yang diperoleh bahwa dari sekian mangrove yang ditanam hanya berpeluang menyisakan 30 persen pohon yang tumbuh. Artinya ketika menanam 1,2 juta pohon itu hanya berpotensi sekitar 350 ribu pohon. Namun itu bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan aksi nyata peduli terhadap lingkungan. 

"Ini bentuk kontribusi nyata kita terhadap lingkungan," ungkapnya.

Gerakan itu, lanjut Akmal, juga sebagai tindak lanjut dari arahan presiden RI Joko Widodo. Karenanya ia berterima kasih kepada berbagai pihak telah mendukung gerakan menanam mangrove tanpa menggunakan APBD.

Kegiatan itu juga untuk mengedukasi generasi penerus agar mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana  menanam mangrove dengan tepat dan bagaimana menyelamatkan lingkungan dengan benar.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler