263 Napi di Sulsel Diusulkan Dapat Remisi Natal 2022

Kamis, 22 Desember 2022 06:16 WIB

Share
Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak. (Foto: ist)
Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak. (Foto: ist)

MAKASSAR, SULSEL.POSKOTA.CO.ID – Sebanyak 263 narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), diusulkan untuk mendapatkan remisi hari raya Natal 2022.

Mereka berasal dari 17 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rutan, dan LPKA yang tersebar di seluruh wilayah Sulsel.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulsel, Liberti Sitinjak mengatakan warga binaan pemasyarakatan yang diusulkan untuk mendapatkan remisi itu telah memenuhi syarat administratif dan substantif.

“Kesemua WBP yang diusulkan telah memenuhi syarat administratif dan substantif. Jadi mereka baru diusulkan untuk mendapatkan remisi yang nantinya dikeluarkan oleh Menkumham melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan,” kata Liberti Sitinjak dalam keterangannya, Rabu 21 Desember 2022.

 

Ia menyebutkan, remisi yang akan didapatkan para WBP merupakan remisi khusus yang terdiri dari RK I atau pengurangan masa tahanan dan RK II atau narapidana langsung bebas.

"Yang pelaksanaannya diatur oleh PP Nomor 99 tahun 2012 tentang perubahan kedua atas PP Nomor 32 tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan," ungkapnya.

Selain itu, ada Kepres Nomor 174 tahun 1999 tentang remisi dan peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 07 tahun 2022 tentang syarat dan tata cara pemberian remisi, asimilasi, cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprapto menyampaikan, bahwa ke-17 Lapas, Rutan dan LPKA yang mengusulkan remisi yaitu, Lapas Kelas I Makassar, Lapas Kelas IIA Palopo, Lapas Kelas IIA Parepare, Lapas Kelas IIB Takalar, Lapas Narkotika Sungguminasa, Lapas Perempuan Sungguminasa, LPKA Maros, Rutan Kelas I Makassar, dan Rutan Kelas IIB Enrekang.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler