Komisi V DPR Bahas Persoalan Banjir Maros Bersama Bupati, Antisipasi Jangka Pendek dan Menengah Segera Dilakukan

Jumat, 3 Februari 2023 10:22 WIB

Share
Bupati Maros Chaidir Syam saat memaparkan persoalan banjir di hadapan rombongan Komisi V DPR RI di Ruang Rapat Bupati Maros
Bupati Maros Chaidir Syam saat memaparkan persoalan banjir di hadapan rombongan Komisi V DPR RI di Ruang Rapat Bupati Maros

MAROS, SULSEL.POSKOTA.CO.ID - Komisi V DPR RI yang dipimpin Ketua Komisi V Andi Iwan Darmawan Aras, melakukan kunjungan kerja (kunker) spesifik di Kabupaten Maros, Kamis (02/02/2022). Komisi V berkunjung untuk membahas berbagai persoalan, khususnya terkait banjir Maros.

Dalam kesempatan ini, Bupati Maros Chaidir Syam saat menerima rombongan Komisi V DPRI di Ruang Rapat Bupati, memaparkan tentang kondisi Maros saat cuaca ekstrem.

Chaidir Syam menjelaskan saat cuaca eksrem baru-baru ini, hampir semua kecamatan di Kabupaten Maros (14 kecamatan) tergenang banjir.

 

Selain itu, dia juga menjelaskan secara spesifik beberapa kecamatan yang rawan terjadi banjir. Diantaranya Kecamatan Bontoa, Maros Baru, Lau, Marusu, Turikale, Moncongloe, Simbang dan Bantimurung.

Sementara Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Selatan (BBPJN Sulsel), Reiza Setiawan, saat menanggapi persoalan banjir Maros menjelaskan, banjir terjadi karena ketidakmampuan sungai Maros menampung debit air saat cuaca ekstrem dengan intensitas curah hujan tinggi.

"Permasalahan di Maros adalah banjir di daerah pertanian, pemukiman dan juga perkotaan akibat ketidakmampuan badan sungai dalam menampung debit air. Selain itu juga disebabkan karena intensitas hujan yang sangat tinggi," urainya.

 

Sementara untuk persoalan banjir yang menggenangi ruas jalan poros di beberapa titik, khususnya di depan Grand Mall Maros, Reiza mengungkapkan disebabkan karena permasalahan drainase.

"Banjir di poros Makassar depan Grand Mall, selain karena kasus curah hujan tinggi, juga karena permasalahan drainase,"sebutnya.

Halaman
Editor: Baharuddin Arifin
Contributor: Novianti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler